Monday, March 10, 2008

Migrasi Windows ke Linux

Judul: Migrasi Windows ke Linux
Serial: 101 Tip & Trik
Tebal: 150 halaman
Penerbit: Elex Media Komputindo
Pengarang: Iwan Sofana
Terbitan: 2006
Harga: 21.800
ISBN: 979-20-8529-7










Review:
Bagi yang ingin bermigrasi dari OS Windows ke Linux, tetapi masih ragu-ragu karena banyak sekali perbedaan antara kedua sistem operasi, maka buku ini bisa menjadi bahan dasar pertimbangan untuk membuat keputusan.

Dibuat dengan sudut pandang seorang pengguna Windows awam, bukan dari cara pandang seorang ahli komputer, maka buku ini cocok bagi banyak orang. Pembahasannya sederhana, tidak njelimet, bahkan cenderung singkat tetapi padat.

Topik penulisan, mulai dari tips memilih distro linux yang sesuai, bagaimana menginstalasinya, eksplorasi desktop, aplikasi-aplikasi Linux pengganti aplikasi Windows yang relatif kompatibel, setting printer di linux, aplikasi untuk internet (termasuk browser dan instant messaging, sampai ke troubleshooting di Linux

Seorang pengguna awam Windows dapat dengan secara cepat memutuskan migrasi ke Linux, karena apa yang menjadi ganjalan-ganjalan pertanyaan tentang seberapa kompatibel aplikasi dan cara mengoperasikannya terjawab dengan sangat baik, walaupun tidak mendalam, namun sangat memadai. Dari aplikasi perkantoran sampai games dan multimedia; dari editor gambar sampai ke antivirus. Bahkan terdapat juga cara menginstall dan menjalankan aplikasi Windows di atas OS Linux.

Pengguna awam Windows juga diberikan tips dan trik untuk memilih distro-distro Linux beserta versi-versinya yang sesuai kebutuhannya. Di dalam buku ini, penulis membahas Linux dengan menggunakan distro Mandrake (sekarang Mandriva) dan Xandros.

Kelemahan dari buku ini, sebenarnya terletak pada kurang mendalamnya setiap pembahasan yang dilakukan. Namun, dilihat dari gaya penulisan yang melakukan eksplorasi secara overview (selayang pandang), memang tujuan dari buku ini adalah memberikan review singkat dan padat dalam hanya 150 halaman untuk pengguna awam Windows tentang apa itu Linux dan bagaimana mereka bisa mengoperasikannya tanpa risau akan masalah aplikasi-aplikasi pengganti yang sudah terbiasa mereka gunakan; maka buku ini sudah sangat memadai dalam mencapai tujuan itu.

Buku ini juga memiliki cover yang aneh, kemungkinan besar, salah dalam editorialnya, karena di depan covernya menuliskan bahwa buku ini akan mengungkapkan jenis-jenis attack terhadap aplikasi PHP, implementasi dan cara menanggulanginya, serta kode-kode jitu untuk mempercepat eksekusi kode dan meningkatkan performance aplikasi PHP. Padahal isi buku sama sekali lain...

No comments: