Monday, March 10, 2008

Pemrograman Web Database dengan PHP & MySQL

Judul: Pemrograman Web Database dengan PHP & MySQL
Serial: Student Exercise Series
Tebal: 136 halaman
Penerbit: Elex Media Komputindo, Jakarta
Pengarang: Arief Ramadhan, S.Kom
Terbitan: 2007
Harga: Rp. 19.800
ISBN: 978-27-1363-3









Review
:
Buku ringkas namun sangat padat ini sangat cocok bagi pemula yang ingin memulai belajar pemrograman database berbasis web yang menggunakan bahasa PHP.

Mulai dari setup web-server Apache, PHP dan MySQL yang menggunakan paket instalasi XAMPP; memulai latihan-latihan sederhana, mengelola database, sedikit penggunakan SQL, sampai ke pembuatan contoh web dengan database yang diwujudkan dalam Sistem Inventarisasi Buku yang walalupun sederhana, namun sangat representatif dalam membuat programmer-PHP-pemula dengan segera memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasarnya.

Disajikan dalam 6 modul, buku yang merupakan seri latihan bagi siswa (student exercise series) ini sangat ringkas, tidak bertele-tele, langsung menunjukkan inti permasalahan dengan contoh-contoh (learning by examples) yang langsung dapat dipahami; Arief Ramadhan, S.Kom menyupiri pembacanya melalui jalan tol menguasai PHP secara cepat dalam waktu yang sangat singkat.

Namun demikian, saking ringkasnya, pembaca pemula yang mencoba untuk memahami PHP yang sebelumnya berangkat dari non-programmer mungkin akan mengalami beberapa kesulitan dalam mencerna beberapa alur pemrograman. Demikian juga dari pemegang bahasa pemrograman non-PHP. Minimnya penjelasan beberapa konsep, terutama dari contoh Sistem Inventaris Buku, sebenarnya dengan segera dapat dipahami tanpa kesulitan, jika sang pembaca rajin mencari referensi. Buku ini lebih cocok untuk pemula PHP, tetapi minimal sudah memiliki dasar-dasar programming.

Dalam mencoba beberapa latihan, juga ditemukan beberapa kesulitan dengan munculnya warning message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at ..... , terutama saat mencoba menambah dan mengubah data buku. Hal ini diatasi setelah menghilangkan echo "<html>"; dan echo "</html>"; dari script tambahbukunya.php dan ubahbukunya.php

No comments: