Sunday, November 18, 2007

Sistem Operasi Gratis Mandriva 2007

Judul: Sistem Operasi Gratis Mandriva 2007
Serial: Belajar Sendiri
Tebal: 193 halaman
Penerbit: Dua Selaras, Surabaya
Pengarang: Mico Pardosi
Terbitan: 2007
Harga: 40.600
ISBN: 978-979-16026-2-4










Review
:
Jika menginginkan sistem operasi yang handal dan berkemampuan tinggi, sementara dana cekak, Mandriva 2007 Free Edition, bisa menjadi solusinya. Namun, bagi yang belum terbiasa dengan dunia linux, ada satu phobia yang tidak beralasan akan penyakit "pegel-linux"

Buku seri belajar sendiri, Mandriva 2007 ini menjadi semacam obat yang bisa mengatasi penyakit "pegel-linux" tersebut.

Diberikan dalam tutur kata yang sederhana, gampang dipahami, sistematis, dan yang pasti, tidak bertele-tele ke sana kemari. Akibatnya, buku ini bisa diberikan applause karena gampang diikuti dan cepat dimengerti.

Sarat dengan langkah demi langkah bagaimana menginstalasi Linux Mandriva 2007 Free Edition, diikuti dengan panduan penggunaan-penggunaan aplikasi yang tersedia dalam bundelan sistem operasi tersebut (seperti Open Office, KM Player untuk audio video, K3B untuk cd burner), bahkan sampai pada bagaimana menginstalasi multi operating system dalam satu komputer (antara Mandriva 2007, Win XP dan Win Vista)

Panduan-panduan bagaimana mengkonfigurasi Desktop dan tampilan-tampilan lainnya, sehingga sesuai dengan style yang diinginkan user, sampai ke handling trash (recycled-bin kalo di Windows) dijelaskan dengan simple dan to the point.

Penulis buku ini juga tampak sangat computer-oriented, bahkan judul bab pendahuluan diganti dengan kata Baca Saya Dulu (Readme First), yang biasanya terdapat pada sertaan file-file instalasi suatu program.

Buku ini, singkatnya, sangat direkomendasikan.

Kekurangan buku ini adalah dalam beberapa bagian, masih ada bugs seperti misalnya, hal 5, dimana dikatakan FDISK.EXE digunakan untuk mempartisi dan memformat harddisk; padahal FDISK.EXE hanya bisa digunakan untuk mempartisi, sementara urusan format diserahkan pada file FORMAT.EXE.

Juga pada halaman 60, dikatakan untuk dapat mengolah file data dari suatu sistem operasi ke sistem operasi lainnya, data harus dicopy ke cd untuk kemudian barulah dipindahkan dari cd kembali ke harddisk pada saat pertukaran sistem operasi. Padahal Mandriva 2007 dan Win XP dapat saling membaca dan menulis pada harddsik yang diformat dengan sistem FAT32. Mungkin yang dimaksud penulis adalah kalau harddisk data untuk Win XP berformat NTFS, yang memang menjadi kesulitan bagi Mandriva 2007 untuk menulis ke dalamnya (membaca aja sih sudah bisa sekarang). Dengan bantuan driver tertentu, Mandriva 2007 sudah bisa menulis ke sistem NTFS juga.

No comments: