Friday, June 20, 2008

100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta

Judul: 100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta
Serial: Lagak Jakarta
Tebal: 157 halaman
Penerbit: KPG(Kepustakaan Populer Gramedia)
Pengarang: Benny & Mice
Terbitan: Januari, 2008
Harga: 50.000
ISBN: 978-979-91-0099-3









Review:
Benny dan Mice, komikus yang sering menghiasi halaman Kompas setiap Minggu dengan komik mereka, memang sudah dikenal cita rasa penceritaan mereka lewat karya-karyanya. Buku ini mungkin salah satu masterpiecenya.

Jangan terkecoh dengan judulnya. Jangan membayangkan 100 tokoh yang diceritakan di sini adalah tokoh-tokoh terkenal dan berpengaruh di Jakarta; namun lebih kepada 100 karakter manusia dengan pekerjaan dan life-stylenya yang memenuhi ruang kehdupan kita sehari-hari. Benar! Karakter-karakter realistis di sekitar kita. Jauh dari sifat gemerlapnya kehidupan Jakarta yang sering digembar-gemborkan sinetron-sinetron atau teori utopia antah-berantah. Karakter-karakter yang begitu dekat dengan kita.

Ditokohkan dengan transparan apa adanya, cenderung satire, namun anehnya tidak membuat orang yang membacanya menjadi merasa tersinggung, malahan tertawa getir melihat lagak ragam tokoh-tokoh jakarta tersebut. Keseharian yang dihadirkan mulai dari pemburu harta karun, penuntun binatang di mall, banci salon, cewe berjilbab, sampai enci-enci.

Benny dan Mice juga tidak narsis, ketika mereka secara apa adanya menggambarkan bocah yang 'ngelem', penipu dengan cara menjual handphone palsu, anak SD penjajah temannya, atau baby sitter yang harus mengenakan penutup mulut (dan dituliskan: "kenapa dia yang jadi tertuduh sebagai penyebar bakteri dan kuman penyakit??!"), atau ketika ada tamu tak diundang yang maksudnya tamu tanpa undangan yang bermodal amplop kosong di suatu kondangan.

Maaf, kalau saya berceloteh lebih banyak lagi, akan menjadi spoiler.

Beli buku ini dan baca sendiri.

Baca juga review lainnya mengenai buku ini di sini

No comments: