Friday, June 20, 2008

8 Jayamangala

Judul: 8 Jayamangala - Berkah Kejayaan Sang Buddha
Serial: ehiPassiko Collection
Tebal: 140 halaman
Penerbit: Yayasan Penerbit Karaniya
Pengarang: Acharya Buddharakkhita
Terbitan: Juli, 2003
Harga: 30.000
ISBN: -









Review:
Mungkin sudah banyak yang hafal di luar kepala uncaran Jayamanggala Gatha, yang memuat tentang setidak-tidaknya 8 kisah kejayaan Hyang Buddha, terutama bagi yang sering membaca buku Paritta Suci. Tetapi bagaimana sebenarnya rincian kejadian sesungguhnya, masih banyak yang (bahkan) belum pernah mendengarnya sekalipun.

Buku karya Y.M. Acharya Buddharakkhita, pendiri dan presiden dari Maha Bodhi Society di Banglore, India, juga di tahun 1956, pernah menjadi anggota Dewan Penyunting Konsili Buddhis ke-6 di Rangoon yang melahirkan edisi lengkap Kanon Pali tersebut; merupakan sebuah buku yang sangat berharga, menceritakan detail-detail kejadian dari setiap bait gatha dari delapan bait gatha tentang kejayaan Hyang Buddha mengalahkan (1) Mara - yang maha jahat, (2) Alavaka - yakkha pemberang dan congkak, (3) Nalagiri - gajah yang murka, (4) Angulimala - pembunuh berilmu tinggi, (5) Cinca - wanita sang pemfitnah, (6) Saccaka - jago debat dengan pandangan sesat, (7) Nandopanda - naga berkesaktian tinggi dan (8) Brahma Baka - yang mengira dirinya memiliki kehidupan kekal untuk selama-lamanya.

Buku ini diterbitkan oleh Yayasan Penerbit Karaniya bekerjasama dengan Ehipassiko Foundation, yang dialihbahasakan oleh Hendra Wijaya dan disunting oleh Handaka Vijjananda, yang dilengkapi dengan 8 gambar ilustrasi berwarna untuk menunjang pembaca 'mengalami' setiap kisah-kisah nyata tersebut.

Diharapkan dengan selesai membaca buku ini, pembaca dapat lebih memahami latar belakang gatha-gatha dalam Jayamanggala Gatha, sehingga bisa membuat perbedaan ketika menguncarkannya.

No comments: