Wednesday, June 18, 2008

Fedora 8 - Zero To Hero

Judul: Fedora 8 - Zero To Hero
Serial: -
Tebal: 263 halaman
Penerbit: Jasakom
Pengarang: mmta, S'to
Terbitan: April, 2008
Harga: 88.000 (include DVD)
ISBN: 978-979-1090-13-1









Review:
Bagi yang sudah memiliki buku berjudul Fedora 4, dengan penerbit dan pengarang yang sama, akan terlihat, Fedora 8 (codename: Werewolf) adalah rilis upgrade dari buku pendahulunya itu. Beberapa cara penyampaian diubah, dan beberapa topik ditambahkan. Kali ini S'to menuliskannya bersama dengan mmta (Memet).

Sebagaimana lazimnya buku S'to yang lainnya, cara penyampaiannya yang urakan dan tidak pernah menggurui, membuat pembaca seperti merasa S'to disampingnya bersama-sama mengeksplorasi setiap sudut Linux (Fedora 8), mengalami masalah-masalah secara riil dan menyelesaikannya. Pembaca tidak akan merasa seperti didampingi seorang guru, melainkan seorang teman (tetapi jago komputer).

Buku ini sepertinya dibuat dari pengalaman riil, step to step, kesulitan demi kesulitan, beserta hal-hal aneh yang tidak lazim bagi pengguna Windows. Semua permasalahan yang terjadi dan akan terjadi sudah diantisipasi dan dibeberkan mengapa dan bagaimana mengatasinya.

Mulai dari pemahaman akan cara penanganan media storage internal dan eksternal di Linux, modus grafik KDE dan GNOME, perintah-perintah pada modus teks, user dan group, instalasi aplikasi di Linux dengan RPM, Pirut dan YUM (yang oleh penulis sendiri mengalami langsung error ketika dijalankan, hehehe), koneksi internet via Telkomnet, penanganan kartu jaringan, serta bagaimana menjalankan aplikasi Windows di Linux; semua dibahas dengan sangat memuaskan (tidak cuman sekilas sambil lalu) di buku ini .

Menyelesaikan buku ini diharapkan benar-benar dapat membuat pembaca yang nol Linux langsung menjadi pahlawan Linux yang sesungguhnya (zero to hero).

Buku ini memiliki 2 kekurangan. Yang pertama: kurang banyak. Setiap halamannya sangat mencerahkan. Dan yang kedua, hati-hati, membaca buku ini bisa membuat Anda tidak bisa tidur sebelum menyelesaikannya ke halaman terakhir.

No comments: